-2.2 C
New York
Saturday, September 18, 2021
Home Kesehatan Cara Tepat Memilih Kontrasepsi

Cara Tepat Memilih Kontrasepsi

Selama Anda dan suami masih ingin mengontrol jarak antara kehamilan atau membuat bekal untuk anak-anak, maka kontrasepsi adalah cara untuk menyelamatkan pembentukan kehamilan di luar perencanaan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memilah kontrasepsi yang tepat dari Tim Ahli.

Memiliki anak tentu menjadi impian ibu dan suami, namun, desain jumlah dan jarak kehamilan diperlukan untuk mendukung pertumbuhan optimal anak dan menciptakan keluarga yang lebih sejahtera.

Tips Memilih Kontrasepsi

Penentuan kontrasepsi yang sesuai adalah satu di antara bentuk perencanaan. Ada berbagai cara kontrasepsi, untuk menentukan mana yang paling tepat untuk Anda gunakan. Ketahui informasi lengkap di bawah ini:

Kontrasepsi Alamiah

Kontrasepsi alami adalah teknik kontrasepsi tanpa alat atau hormon.

Jenis kontrasepsi alami:

  • ikatan intimter putus, sistem menghasilkan penis dari saat-saat vagina sebelum ejakulasi terjadi.
  • Pantang secara berkala, menjauh dari ikatan intim selama masa subur. Perkiraan masa subur dapat dicoba dengan cara-cara berikut: Siklus terpanjang minus 11 dan siklus terpendek minus 18. Di antara dua kali ini, interweaving intim dihindari.

Contoh kontrasepsi alamiah:

  • Siklus 28 – 30 hari
  • Siklus terpanjang: 30 – 11 = hari 19
  • Siklus terpendek: 28 – 18 = hari 10
  • Maka hubungan intim harus dihindari pada hari 10 – 19 siklus datang bulan dihitung dari hari pertama menstruasi.

Kemampuan kontrasepsi alami adalah biaya rendah dan tidak ada risiko kesehatan yang terkait dengan kontrasepsi. Untuk sesaat, kekurangan kontrasepsi alami adalah bahwa tingkat kegagalan cukup tinggi, jika tidak patuh dan tidak dapat mempertahankan pendamping penyakit intim yang tersebar luas (PMS). Kondom

Kondom

Kondom adalah sarung karet yang dipasang pada penis selama intim berkorelasi berlangsung. Ujung kerjanya adalah memperlambat pembentukan pertemuan antara sperma dan telur agar tidak terjadi pembuahan. Penggunaan kondom dipasang ketika penis tengah tegak dan dihilangkan setelah bersinggungan saat penis masih tegak.

Kemampuan penggunaan kondom kontrasepsi, antara lain:

  • Efektivitas 88 – 89% ketika dipakai dengan benar dan rutin
  • Dapat menghindari penyebaran penyakit menyebarkan intim
  • Tidak khawatir tentang produksi ASI
  • Mudah masuk ke tempat umum

Sebentar, kelemahan penggunaan kondom kontrasepsi adalah untuk mengganggu kenyamanan ketika datang ke kenyamanan ketika datang ke kenyamanan

Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR)

Alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) adalah alat kontrasepsi yang dipasang di dalam rahim dan obat mencegah kehamilan dengan mengkhawatirkan pintu masuk sperma ke dalam saluran telur, menempelkan enceran rahim kemudian mempersulit pergerakan sperma, juga mengganggu keterikatan calon janin jika masih terjadi. AKDR juga terkenal dengan salam spiralnya. Kemampuan

AKDR antara lain:

  • Tingkat kemenangan tinggi (0. 6 – 0. 8 kehamilan per 100
  • wanita Efektif setelah instalasi
  • Jangka panjang (3 – 5 tahun)
  • Tidak khawatir tentang produksi
  • ASI Tidak mengganggu ikatan intim
  • Kekurangan AKDR, antara lain:
  • Dapat berdampak pada pembentukan hambatan siklus menstruasi
  • Bulan Mendatang begitu lama dan banyak
  • Nyeri haid

Penggunaan Akdr direkomendasikan untuk ibu yang masih usia reproduksi yang memiliki satu anak dan seperti kontrasepsi jangka panjang, tidak ingin menggunakan kontrasepsi hormonal, dan menyusui. AKDR tidak boleh dipasang pada wanita hamil, wanita yang menghadapi pendarahan di luar bulan-bulan mendatang yang pemicunya belum diketahui, ada infeksi pada alat reproduksi (Keputihan karena infeksi selama kehamilan) dan daerah panggul, ada juga kanker saluran reproduksi.

Kontrasepsi Hormonal

IUD Hormonal kontrasepsi bekerja dengan menekan pematangan telur, menghilangkan lendir rahim dan membatasi pergerakan saluran telur. Ada dua jenis kontrasepsi hormonal:

Kombinasi estrogen dan progestin, yang dapat pil dan suntikan.

Combination Pills, keuntungannya adalah efektivitasnya cukup tinggi (1 kehamilan per 1.000 wanita), siklus menstruasi teratur, kesuburan cepat kembali setelah digunakan dihentikan. Kekurangan pil kombinasi, antara lain harus dipilah setiap hari (bisa dilupakan atau bosan), khawatir tentang produksi ASI, tidak dianjurkan untuk wanita >35 tahun, merokok, atau hipertensi.

Kombinasi Suntikan

Keuntungan dari suntikan kombinasi adalah tingkat efektivitas tinggi (0. 1 – 0. 4 penghambatan per 100 wanita), tidak mempengaruhi hubungan seksual dalam kehamilan, jangka panjang (1 atau 3 bulan), mengurangi jumlah pendarahan dan nyeri haid. Kurangnya suntikan kombinasi dapat menyebabkan transformasi pola menstruasi, ibu jadi kebutuhan dengan rutin datang ke fasilitas kesehatan untuk injeksi ulang, kesuburan tidak cepat kembali begitu pemanfaatan dihentikan, bukan untuk gadis menyusui, >35 tahun dan merokok, riwayat penyakit jantung, stroke, hipertensi.

  • Progestin, bisa menjadi pil atau implan Hormonal kontrasepsi yang memiliki kandungan progestin saja memiliki efektivitas yang tinggi, tidak mengganggu produksi ASI, tidak mempengaruhi ikatan intim dan kesuburan harus cepat dikembalikan setelah penghentian penggunaan. Kekurangannya adalah bahwa harus ada hambatan pada siklus menstruasi, pada pil mini dibutuhkan disiplin dalam mengambil pil jika tidak pada implan jika Anda ingin dihentikan tidak dapat dicoba sendiri (harus dicoba di fasilitas kesehatan).
  • Sterilisasi Ada 2 jenis sterilisasi: vasektomi pada pria dan tubectomy pada wanita. Keduanya dicoba dengan cara mengikus keluarnya sperma atau telur. Teknik ini adalah sistem yang cocok untuk pendamping yang tidak lagi menyukai anak-anak.

Jadi, tidak akan ada kontrasepsi terbaik. Yang paling penting adalah mengetahui kondisi dan keinginan pendamping suami istri dengan penggunaan alat kontrasepsi ini, termasuk keterbatasan kondisi aks acceptor kontrasepsi dan kesulitan pendamping suami istri terhadap sistem kontrasepsi yang ada. Ini harus menjadi perhatian khusus jika sebelumnya perolehan kontrasepsi ada riwayat penyakit kronis.

 

Sumber : tundakehamilan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

3 Cara Pasang Kanopi Baja Ringan

kanopi baja ringan bogor – Baja struktural kini sudah dikenal masyarakat. Salah satu alasan penggunaan baja ringan selain tahan lama, berkarat, dan tidak mudah...

Apa Saja Ketentuan Bengkel AC Mobil Dibilang Bagus?

doktermobil.com – Jika kita amati dikala ini ya, pengguna serta owner mobil individu kian merajai kemudian lintas ibukota ya. Nampak tuh dari kepadatan...

Cara Cegah HIV AIDS

HIV/AIDS telah lama terkenal bagaikan penyakit mematikan yang bisa menular. Tetapi sebenarnya, pengidap HIV/AIDS tak mesti dijauhi. Sokongan dari keluarga dan orang-orang terdekat amat...

Pil KB Elzsa Kontrasepsi Pilihan Perempuan Modern

Pil kontrasepsi gabungan (PKK) atau yang umumnya dikenal selaku pil KB menggambarkan salah satu metode kontrasepsi yang cukup efektif dalam menghindari kehamilan. PKK menyimpan...

Recent Comments